Sepuluh Cara Melupakan Masa Lalu

Sudah bukan mitos, sehabis putus hubungan, terbitlah galau berkepanjangan. Banyak sekali alasan atau ingatan, yang membuat galau itu terus berkepanjangan. Selamat datang di masa-masa kelam yang maha sulit. Masa-masa nunggu diajak balikan. Masa-masa patah hati saat lo tahu bahwa sekarang mantan sudah punya yang baru. Namun, perlu lo tahu, juga ada banyak sekali cara supaya lo bisa move on dan nggak galau lagi. Cus, simak!

Singkirkan semua barang pemberian mantan

Barang-barang yang dikasih mantan tentu bisa mengingatkan lo dengan mukanya, dengan suaranya, dan lain-lainnya yang ada di diri mantan lo. Sekarang saatnya menyingkirkan semua barang-barang itu! Turunkan semua foto, pajangan, dan barang-barang lainnya, kemudian simpan di sebuah kotak besar. Simpan ya jangan dibuang, kali aja nanti ada kesempatan balikan.

Selain menyimpan barang-barang pemberian mantan, coba juga deh buat hapus semua chat, sms, email, dan apa pun yang pernah dikirim mantan lo. Hapus juga semua foto-foto mantan, juga foto-foto kalian bersama. Percaya deh, terus-terusan hidup bersama kenangan tentang mantan, nggak akan bisa bikin lo move on. Dengan menyingkirkan semua barang-barang pemberiannya harusnya sudah sepaket dengan menyingkirkan pemberinya. Dengan menghapus semua kenangannya harusnya sudah sepaket dengan menghapus pencipta kenangannya. Good luck! Boleh sambil nangis, asal benar-benar disingkirkan dan dihapus, ya.

Mengatur ulang rutinitas

Saat lo masih berstatus sebagai pacarnya, tentu menjalani hari-hari bersama adalah hal yang wajar, seperti sarapan bareng, jalan bareng, nonton bareng, liburan bareng. Tapi sekarang, saat lo berstatus sebagai mantannya, akan ada banyak waktu kosong yang biasanya dihabiskan berdua. Nah, makanya ayo atur ulang rutinitas lo. Jangan biarkan diri lo berlarut-larut dalam kehampaan. Percaya deh, kalo dulu lo baik-baik saja sebelum ketemu dia, lo juga akan baik-baik saja sekarang setelah putus dari dia.

Menghindar

Banyak yang bilang: “walaupun putus, bukan berarti harus putus hubungan pertemanan!”. Ah shit. Di dalam proses move on, teori itu nggak akan membantu lo sama sekali. Apalagi jika lo adalah tipe orang yang susah iklas. Kalau lo merasa dengan masih bertemu doi justru membuat lo semakin galau, maka menghindarlah untuk sementara waktu. Berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi frekuensi pertemuan kalian, sebab pada akhirnya lo harus membiasakan diri untuk hidup tanpa ada dirinya, kan. Seingin apa pun lo ketemu dia, sepenasaran apa pun lo dengan kabarnya, jangan biarkan diri lo kalah. Menghindarlah, sebab kalian benar-benar sudah kelar! Nggak ada alasan lagi buat lo terus-terusan ketemu dia.

Bercerita

Berceritalah! Iya, ke siapa pun yang lo percaya. Lebih bagus lagi kalau orang yang lu ceritain bisa memberi solusi. Bercerita dan mengeluarkan semua keluh kesah dengan apa adanya akan membuat perasaan lo menjadi tenang, setidaknya lo akan merasa lebih baik. Menangislah jika perlu, it is okay, nggak perlu malu. Kasih jalan buat semua perih di diri lo keluar, bahaya kalau menetap terlalu lama.

Lakuin hal yang lo suka

Apa pun yang lo suka selama masih di batas wajar dan tidak melanggar hukum dunia dan akhirat yang berlaku, lakukanlah. Bebaskan diri lo dari segala tekanan dengan melakukan sesuatu yang benar-benar membuat lo bahagia. Berenang, belanja, nonton, makan sepuasnya, buat para perempuan mungkin bisa manjakan diri di salon, merawat diri, dan lain-lain. Sibuk dengan hal-hal yang lo suka bisa membantu lo move on loh.

Manfaatkan sahabat

Sahabat itu jabatan yang paling mulia loh. Di saat lo putus, sahabat adalah mereka yang cukup bisa diandalkan untuk membantu proses move on lo. Selagi lo masih punya sahabat, manfaatkanlah. Ajaklah sahabat-sahabat lo main, habiskan waktu bersama mereka! Jelajah kuliner, nonton bioskop, atau apa pun itu, bersenang-senanglah! Jangan kasih cela untuk segala sedih. Dengan menghabiskan waktu bersama sahabat, lo nggak akan kesepian, lo nggak akan merasa sendirian, semakin mudah buat lo perlahan melupakan mantan. That’s what friends are for, right?

Berliburlah

Wah ini, sih, yang paling ampuh. Berliburlah, ke luar kota, atau bahkan keluar negeri. Tempat dan suasana baru akan bisa memberi lo energi baru. Pergilah Bandung dan nikmati indahnya Bukit Bintang kala malam hari. Pergilah ke Yogyakarta dan jelajahi sudut-sudutnya. Pergilah ke Bali dan pandangi pantai kala petang. Pergilah ke mana pun. Manfaatkan jatah cuti. Tapi syaratnya satu, jangan berlibur ke lokasi yang pernah lo kunjungi bareng mantan. Tujuan lo berlibur adalah untuk melupakan mantan, kalau lo berkunjung ke tempat yang bisa mengingatkan lo sama mantan, ya nggak guna, dong.

Staycation

Staycation dapat menjadi inspirasi bagi lo yang ingin berlibur tetapi nggak punya waktu banyak dan nggak bisa keluar jauh-jauh dari Jakarta. Sewalah hotel, manjakan diri lo dengan fasilitas-fasilitas hotel yang bisa bikin lo lupa sama mantan. Salah satu hotel yang mampu membantu proses move on lo adalah Mandarin Oriental Hotel Jakarta. Cari dulu deh di mesin pencari dengan kata kunci Review Mandarin Oriental Hotel Jakarta, di sana lo akan menemukan banyak sekali review-review bagus tentang hotel ini, dijamin bikin lo pengen langsung cus ke Menteng.

Mandarin Oriental Hotel Jakarta berlokasi di Jalan M.H. Thamrin, RT 1 RW 5, Menteng, Jakarta. Semua tipe kamar di hotel ini dilengkapi dengan fasilitas layanan kamar, televisi, kasur supernyaman, AC, dan jendela dengan bonus pemandangan ibu kota. So, buruan booking sekarang!

Jangan pernah lupa, jodoh lo lagi nungguin di luar sana

Percaya deh, lo akan bertemu orang baru. Saat lo sudah mulai bisa melupakan mantan, jangan takut untuk memulai kisah baru. Jangan biarkan kisah lama membuat lo trauma berhubungan dengan yang baru. Ingatlah, jodoh lo lagi nungguin lo, entah siapa, entah kapan, intinya jodoh lo itu sudah disiapkan Tuhan buat mendampingi lo kelak. Putus bukan berarti harapan pupus. Selamat berharap untuk mendapat jodoh yang lebih baik dari mantan.

Bertobatlah

Putus hubungan bisa jadi cara Tuhan mengingatkan lo untuk kembali mendekatkan diri denganNya. Mungkin selama ini lo lupa siapa sang pemilik hati, itulah sebabnya hati lo dipatahkan. Dia ingin lo kembali intim denganNya, nggak hanya intim dengan pasangan. Lo pasti bisa melewati semuanya. Tuhan menguji lo untuk sebuah alasan, bukan karena benci. Tuhan itu maha adil. Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang hambaNya sendiri tidak bisa lewati. Bisa jadi Tuhan sedang mempersiapkan yang terbaik bagi lo nanti. Entah kapan, tungguin aja!

Demikianlah cara-cara yang semoga bisa membantu lo move on. Selamat berproses dan jangan lupa bahagia. Jangan biarkan luka di masa lalu akibat putus cinta menghukum kalian sebegitu hebatnya. Life must go on, guys!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>